Mat Hoffman, Sang Pionir Trik BMX Freestyle Dunia

 Mat Hoffman

Bagi seorang bmx rider pastinya nama Mat Hoffman sudah tak asing lagi di telinga mereka. Yups, Mat Hoffman adalah seorang freestyler BMX profesional pertama yang menemukan bermacam trik radikal yang kini banyak ditiru oleh Rider BMX di seluruh dunia.

Mat Hoffman adalah pria yang membesarkan BMX modern ke seluruh dunia. Dia mulai bermain sejak usia 13 tahun sebagai amatir. Banyak yang melihat bahwa ia tak butuh waktu lama untuk naik kelas. Betul saja, pada usia 16, Hoffman naik ke kelas profesional dan menjadi pro termuda saat itu. Sejak saat itu juga pemuda yang menciptakan 100 trik ini mulai mendominasi seluruh kompetisi yang diikutinya.

Dalam perjalanan kariernya selama 28 tahun di dunia BMX, pria yang dijuluki “The Condor” ini nyaris tewas ketika salah mendarat yang mengakibatkan limpanya pecah. Hoffman pun mengakui bahwa dirinya sudah menjalani 16 kali operasi.

Pada tahun 2001, Hoffman melakukan trik yang melegenda sepanjang X-Games digelar. Ia satu-satunya rider yang melakukan 900 (trik yang biasa dilakukan pada skateboard) ditambah backflip. Selama 12 tahun belakangan tak pernah ada lagi rider yang bisa menirunya sama sekali.

Sebagai pionir sekaligus bintang vert-ramp, Hoffman pun mendapat kehormatan ketika dipercaya menjabat sebagai Presiden International BMX Freestyle Federation [IBFF] pada tahun 2005. Bukan cuma itu, dia juga berhasil membuat sepeda yang dipakainya bisa melawan gravitasi saat melakukan backflip.