Sirkuit BMX Cigembor Menambah Daftar Sirkuit Kelas Internasional di Indonesia

Sirkuit BMX dibangun di Taman Kota Kelurahan Cigembor dengan biaya belasan milyar rupiah ini telah selesai di bangun dan siap digunakan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Seluruh bangunan fisik, terutama lintasan balap sepeda sudah tuntas dikerjakan.

Pantauan di Sirkuit BMX Cigembor, Senin 18 Juli 2016, jalan utama menuju kawasan sirkuit dan tempat parkir diportal atau dihalangi pagar besi. Seluruh lintasan utama ajang belap sepeda BMX, ditutup dengan terpal khusus. Dua bangunan tibun penonton, sirkuit mini untuk pemanasan atlet, paddock, selesai dibangun.

Demikian pula lokasi parkir yang sebelumnya persawahan, dapat menampung ratusan mobil. Rumput penguat lintasan juga tumbuh subur. Pada lantai lintasan start dengan sudut kemiringan tajam juga terdapat tulisan BMX, PON XIX Jabar, Ciamis 2016.

Kini venue BMX PON XIX tersebut menambah daftar sirkuit BMX dengan kelas Internasional di Indonesia.

“Tidak banyak provinsi yang mempunyai sirkuit BMX. Hanya ada empat provinsi yakni Provinsi Siak, Riau, Jawa Timur, Yogyakarta, dan sekarang sirkuit Galuh Cigembor Ciamis Jawa Barat,” terang Ketua Pengurus ISSI Jawa Barat H. Ato Sabtu (27/8/2016) saat membuka acara pra PON XIX di venue BMX Cigembor.

Tak hanya itu, Ato juga mengatakan venue BMX Cigembor Ciamis disebut berkelas Internasional karena mempunyai sarana dan prasarana yang komplit.

“Mulai dari tempat star dan finish, dengan panjang lintasan sekitar 240 meter, dua tribun penonton bersama gedung, pedok tempat pembalap, dan lapangan tempat parkir dan sarana penujang lainnya,” kata Ato.

Menurut dia, adanya sirkuit BMX di Kabupaten Ciamis menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

“Sungguh merupakan kebanggan bagi masyarakat Ciamis bahkan Jawa Barat. Dengan hadirnya sirkuit BMX ini kami berharap Kabupaten Ciamis semakin meningkatkan pembinaan prestasi,” ucapnya.
Tags