Blora Siap Bangun Sirkuit Sepeda BMX Standar Nasional Tahun Ini

sirkuit bmx blora
ilustrasi cirkuit bmx

 Blora tahun ini rencananya bakal membangun Sirkuit balap sepeda BMX berstandar nasional yang akan dibangun di lahan eks lapangan golf Blora di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora.

”Pemkab Blora dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) tahun ini telah menganggarkan dana untuk pembangunan sirkuit BMX,” ujar Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Blora, Suma Novendi, kemarin.

Diapun menyambut baik rencana pembangunan sirkuit yang digagas Bupati Djoko Nugroho itu. Suma Novendi yang juga ketua Hiswana Migas wilayah eks Karisidenan Pati menegaskan, tanpa keberadaan sirkuit, cukup mustahil bagi atlet BMX Blora bisa meraih prestasi maksimal.

Menurutnya, beberapa kabupaten dan kota di Jateng telah memiliki sirkuit BMX sejak beberapa tahun lalu. Tak hanya berstandar nasional, sirkuit tersebut ada juga yang berstandar internasional. Atlet dari daerah lain itupun mampu meraih prestasi nasional. ”Sudah waktunya Blora memiliki sirkuit BMX,” tegasnya.

”Kami menyakini dengan adanya sirkuit BMX kelak di Blora, para atlet akan semakin giat berlatih. Kalau sudah seperti itu, mudahmudahan prestasinya akan lebih meningkat,” harap Suma Novendi.

Kepala Dinporabudpar H Kunto Aji membenarkan tahun ini akan dibangun sirkuit BMX di eks lapangan golf Blora. ”Selain untuk meningkatkan prestasi olahraga, keberadaan sirkuit sepeda tersebut diharapkan memberikan multiplier effect bagi pengembangan ekonomi daerah.

Misalnya akan tumbuh pusat ekonomi baru di kawasan itu,” ujar dia. Kunto Aji yang juga mantan kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora mengungkapkan, sirkuit BMX akan dibangun bertahap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

”Memang untuk memenuhi standar nasional, dibutuhkan biaya tidak sedikit. Karena itu, kemungkinan pembangunan sirkuit dilakukan bertahap. Jika tahun ini masih ada yang kurang, kemungkinan tahun berikutnya akan dilanjutkan lagi,” ujarnya.
Tags